Minggu, 20 April 2008

Model Pembelajaran

Bagi temen-temen yang berkecimpung dalam dunia pendidikan pasti tahu apa yang dimaksud dengan model pembelajaran. Saya disini tidak akan menjelaskan definisi dari apa itu model pembelajaran tapi saya akan memberitahu model pembelajaran yang diajarkan di Universitas yang saya tempati. Uniersitas tersebut adalah Universitas Negeri Surabaya atau lebih dikenal dengan Unesa.
Model Pembelajaran tersebut adalah Model Pembelajaran langsung, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Diskusi Kelas, Model Pembelajaran Induktif, Model Pembelajaran Deduktif, Model Pembelajaran Berdasarkan Masaah, Model Pembelajaran Interaktif, dan Model Pembelajaran Integratif.
Sebenarnya masih banyak lagi model pembelajaran yang tidak saya ketahui. hal itu dikarenakan saya adalah orang yang berkecimpung di dunia Matematika, maka hanya beberapa model pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran Matematika.

1 komentar:

Maryam Smith mengatakan...

"Benci jadi Cinta"
pd
Matematika
kira kira itu judul yg saya sarankan.
Memang sangat banyak siswa yg benci pd matematika,penting sekali untuk mensimulasikan/atau memberi contoh ,atau menganalogikan,atau memberi gambaran nyata pd perhitungan sehari hari,tentang setiap rumus,atau soal2 matematika itu.umpamanya arti dari "menarik akar"sama dgn ......,"pangkat" artinya sama dgn .....,lalu di beri contoh bukan dgn angka angka,contoh soal atau simbol2 matematika,tapi berupa benda yg sehari 2 kita jumpai dlm kehidupan kita umpamanya,buah 2an,atau batu bata dll sbg,krn banyak soal yg tdk sama dgn contoh yg pernah ditunjukkan,umpamanya pd contoh soal,= berapakah 100:5.sedngkan pd soal yg hrs di kerjakan sbb,brpkah 5:100.bukankah tadi angka besar di bagi angka kecil,sdngkan skng angka kecil di bagi angka besar?bila di simulasikan dgn 5 buah semangka,tentu gampang,tp tentunya setiap anak hrs jauh2hari di wajibkan menghafal perkalian,dari perkalian satu sampai perkalian 10,sehingga mudah2an dari benci menjadi cinta dr sy maryam,yg juga benci matematika.